LAPORAN PENERIMAAN TAHUN 2015 
A. PENERIMAAN ZAKAT

Zakat adalah bagian dari harta yang wajib disisihkan oleh seorang muslim atau badan (koorporasi) sesuai dengan ketentuan syariat Islam untuk disalurkan kepada yang berhak menerimanya dibawah pengelolaan Badan Amil Zakat yang diakui pemerintah dalam hal ini Baitul Mal.

Penerimaan Zakat dari Individu
Penerimaan Zakat dari individu masyarakat memang belum maksimal, disebabkan karena belum semua masyarakat wajib zakat membayar zakat melalui Amil Zakat. Ada sebagian masyarakat masih membagikan zakatnya secara pribadi-pribadi kepada mustahik dan ada juga budaya masyarakat yang berdomisili di Kabupaten Aceh Jaya tetapi membayar zakat di kampung halamannya di luar Kabupaten Aceh Jaya. Hal ini membuat Baitul Mal kesulitan dalam hal pendataan muzakki. Namun demikian, Baitul Mal Aceh Jaya akan terus mensosialisasi kepada masyarakat akan kesadaran zakat dan manfaat zakat dalam membina ekonomi ummat masa kini.

Img p1

img p2

      2. Penerimaan Zakat Melalui UPZ SKPK Aceh Jaya

Setiap Instansi dalam Kabupaten Aceh Jaya sudah dibentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang bertugas memungut zakat pada setiap pegawai wajib zakat dilingkungannya setiap bulan. Zakat yang dipungut oleh UPZ di masing-masing instansi di setorkan kepada Bendahara Umum Daerah pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Kabupaten (DPKKK) dan dilaporkan kepada Baitul Mal Aceh Jaya.

img p3

img  p4

     3. Penerimaan Zakat dari Instansi Vertikal, BUMN/BUMD, Perusahaan Swasta              dan Lainnya

img p5

B. PENERIMAAN INFAQ


Infaq adalah bagian dari harta yang disisihkan oleh seorang muslim yang disumbangkan secara sukarela kepada orang atau lembaga yang mengelolanya untuk disalurkan atau dimanfaatkan demi kemaslahatan ummat.

      1. Penerimaan Infaq dari Individu

img p6

      2. Penerimaan Infaq dari Pegawai SKPK Aceh Jaya

img p7

img p8

img p9

     3. Penerimaan Infaq dari Instansi Vertikal, BUMN/BUMD, Perusahaan Swasta               dan Lembaga Lainnya

img p10