KEGIATAN SOSIAL

a. Bantuan Konsumtif Untuk Fakir Udhur

Bantuan untuk fakir udhur bantuan yang diberikan kepada para masyarakat fakir/miskin atau cacat fisik dan sudah tidak dapat berusaha lagi serta dalam keadaan sakit yang menahun. Setiap orang mendapatkan bantuan sebesar Rp 1.000.000,- (Satu Juta Rupiah). Dengan total anggaran Rp 80.000.000,- (delapan puluh juta rupiah) per tahun.

b. Insentif Tenaga Bakti

Para tenaga bakti yang bekerja sebagai amil di Baitul Mal Aceh Jaya sebanyak 5 orang dan diberikan insentif sebesar Rp 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah) per bulan, dengan total anggaran Rp 18.000.000,- (delapan belas juta rupiah) per tahun.

c. Sertifikasi Tanah Wakaf

Sertifikasi Tanah Wakaf adalah suatu hal yang sangat urgen di zaman yang modern ini. Banyak kasus terjadi dilapangan bahwa tanah wakaf menjadi sengketa dan digugat oleh ahli waris wakif. Hal ini harus segera diantisipasi terutama oleh pihak-pihak yang punya kewenangan tentang hal tersebut. Oleh karena itu, Baitul Mal Aceh Jaya telah melakukan beberapa hal mulai dari pendataan harta wakaf, pembinaan nazir, dan juga Sertifikasi Tanah Wakaf. Pada Tahun 2016 Baitul Mal telah melakukan kegiatan sertifikat tanah wakaf sebanyak 11 persil yang tersebar diseluruh Kabupaten Aceh Jaya dengan total anggaran Rp. 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah).

d. Bantuan Kemaslahatan Ummat lainnya

Berbagai bentuk bantuan sudah dilakukan oleh Baitul Mal Aceh Jaya demi melayani dan membantu masyarakat yang sangat membutuhkan. Bantuan kemaslahatan ummat ini diperuntukkan untuk bantuan-bantuan yang tidak terduga dari masyarakat yang datang membawa permohonan yang mendesak dengan jumlah bantuan yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan yang wajar. Untuk kegiatan ini Baitul Mal telah menyediakan anggaran sebesar Rp 58.352.846,- (Lima puluh delapan juta tiga ratus lima puluh dua ribu delapan ratus empat puluh enam rupiah) per tahun.